Minggu, 19 Februari 2017

Pilketos 2016/2017

Setiap pergantian Tahun Pelajaran, pengurus OSIS selalu mengadakan pergantian pengurus. Hal ini sangat wajar dalam sebuah organisasi dengan tujuan regenerasi kader kepemimpinan. Saat itu, ada 3 pasang calon ketua dan wakil ketua OSIS, yaitu paslon dengan nomor urut 1 Elvan Fatwa Auliya dan Diani Inka Putri, paslon nomor 2 Akhya Khaerul Iman dan Tyas Dwi Listiani, dan paslon 3 Arya Tri Cahya dan Eka Alfiyah Nurrohmi.

Pada tanggal 3 Oktober 2016, ketiga pasang calon ketua dan wakil ketua OSIS tersebut menyampaikan visi dan misi mereka. Visi dan misi tersebut  sangat diharapkan oleh semua warga SMP 12 Tegal untuk kemajuan sekolah yang lebih baik lagi. Ketika penyampaian visi dan misi selesai, acara selanjutnya adalah kampanye. Disitulah para calon meminta para pemilih untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS yang pantas dan yang terbaik untuk satu tahun ke depan.
Senin, 5 Oktober 2016, seluruh siswa-siswi SMP N 12 Tegal diberi pengarahan untuk berkumpul di lapangan. Pada pukul 07.15, apel pagi pun dilaksanakan untuk memberitahukan pengumuman penting sekaligus pembukaan pencoblosan ketua dan wakil ketua OSIS. Karena bukan hanya pencoblosan yang dilaksanakan pada hari itu, tetapi ada turnamen futsal dan loma mading serta lomba cipta puisi antar kelas. Semua warga SMP 12 Tegal wajib memiliki hak suaranya untuk memilih yang terbaik sesuai dengan pilihan mereka.



Setelah beberapa lama pemungutan suara berlangsung, panitia mulai membuka kotak suara secara tertib dan teratur. Selanjutnya, petugas mulai menghitung dan memperlihatkan kertas suara dan ditulis disebuah papan tulis yang telah tersedia.

Hasil perhitungan dari kartu suara, paslon no. 1 memperoleh suara 225, paslon no. 2 memperoleh suara 150, dan paslon no. 3 memperoleh suara sebanyak 90. Berdasarkan jumlah pemungutan suara, paslon no. 1  yaitu Elvan Fatwa Auliya dan Diani Inka Putri akhirnya terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 12 Kota Tegal masa bakti 2016/2017. Kegiatan tersebut kita dapat belajar untuk berdemokrasi yang adil, jujur dan terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar